Selasa, 19 November 2013

Macam-macam iklan:
1.     Iklan Keluarga:
iklan yg berisi berita keluarga, Contohnya: kelahiran, ulang tahun, pertunangan, perkawinan, perceraian, atau kematian.
Ciri-Ciri:
Iklan keluarga biasanya lebih banyak berbentuk iklan kolom dan display, tidak banyak berisi ilustrasi gambar, dan lebih mengandalkan pesan tertulis.

2.    Iklan Niaga:
Iklan niaga adalah siaran iklan komersial yang disiarkan melalui penyiaran radio atau televisi dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan/atau mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak sasaran untuk mempengaruhi konsumen agar menggunakan produk yang ditawarkan. Contoh: penjualan tas, sepatu, dompet, jaket, kaos.
Ciri-ciri:
-      Hiperbolik dan bombastis segar cerdas dan bermakna dalam serta terdapat unsur dramatisasi produk..(kholisnur)
-      Bahasa yang mengedepankan emosi (mengangkat imajinasi konsumen)
-      Menggunakan bahasa aktif dan kadang-kadang bahasa konotatif
-      Bahasa faktual

3.    Iklan Pengumuman:
Iklan Pengumuman merupakan bentuk penyampaian suatu informasi atau pemberitahuan kepada khalayak. Cara penyampaiannya bisa berbentuk surat dan bisa pula berbentuk iklan. Contoh: pengumuman workshop, lelang, rapat umum pemegang saham.
Ciri-ciri:
-      Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
-      Nonpersonal komunikasi.
-      Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
-      Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
-      Bersifat mempersuasi khalayak.
-      Bertujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya





4.    Iklan Baris:
Iklan baris merupakan salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan terperinci dalam bentuk teks. Contoh: lowongan pekerjaan, penjualan tanah, penjualan rumah, dan peluang bisnis
Ciri-ciri:
-      Memuat informasi seperluhnya
-      Biasanya baris minimal 2-3 baris
-      Dilengkapi dengan laman, nomer telepon, dan sebagainya

5.     Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat merupakan  iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum. Contoh: iklan bahaya obesitas, iklan pembajakan HAKI, Iklan menghemat listrik.
Ciri-ciri:
-      Tidak komersil (contoh: iklan pemakaian helm dalam berkendara)
-      Tidak bersifat keagamaan.
-      Tidak bersifat politis.
-      Berwawasan nasional
-      Diperuntukkan untuk semua lapisan masyarakat.
-      Diajukan oleh organisasi yang telah diakui dan diterima.
-      Dapat diiklankan.
-      Mempunyai dampak dan kepentingan tinggi sehingga patut memperoleh dukungan media lokal maupun nasional.



0 komentar:

Posting Komentar